Pekan Budaya Dayak Digelar di Museum Nasional Jakarta

Bisnis.com,27 Apr 2015, 13:13 WIB
Penulis: Dimas Novita Sari
Komunitas Sekar Nusa Jakarta menggelar Pekan Budaya Dayak Kalimantan Timur di Museum Nasional, ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komunitas Sekar Nusa Jakarta menggelar Pekan Budaya Dayak Kalimantan Timur (Kaltim) di Museum Nasional Jakarta pada 27-30 April  2015. Acara ini diselenggarakan sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun Museum Nasional ke-237.
Arie Bekti Budi Hastuari dari Komunitas Sekar Nusa, mengatakan dalam kegiatan tersebut akan diperkenalkan keterampilan budaya Dayak kepada anak-anak.
Oleh karena itu, Pekan Budaya Dayak Kaltim 2015 melibatkan 1.000 siswa dari 20 Sekolah Dasar di Jabodetabek. Siswa-siswi yang diajak berpartisipasi berusia 7-12 tahun.
"Anak SD sengaja dilibatkan untuk memperkenalkan, mendidik, sekaligus menanamkan rasa cinta pada budaya Nusantara. Pada usia tersebut mereka mudah diberikan stimulus untuk menambah cakrawalanya sebagai bekal di kemudian hari," katanya seperti yang dikutip dari situs resmi pariwisata Indonesia, Wonderful Indonesia, Senin (27/4/2015).
Ke-1.000 siswa tersebut akan menjelajah Museum Nasional, membuat makanan khas, memperagakan Tari Enggang, membuat kerajinan Suku Dayak, menyanyikan lagu Burung Enggang dan Buah Bolo, mendengarkan cerita legenda yang mendidik, hingga memperkenalkan alat musik Sampe.
Selain itu, sambung Arie, acara itu juga mengundang guru-guru sekolah untuk mengikuti workshop tari yang kemudian akan diajarkan lagi kepada murid-murid.
"Program ini telah dilakukan oleh Komunitas Sekar Nusa sejak 2011. Tahun ini, panitia berencana tidak hanya mengangkat budaya Kaltim saja, namun juga empat daerah lainnya seperti Papua, Bali, Manado dan Sumatera Utara," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bastanul Siregar
Terkini