Menteri Susi Pudjiastuti Terpopuler di Media Massa

Bisnis.com,11 Mei 2015, 14:36 WIB
Penulis: Newswire
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengusap air mata saat memberikan pengarahan dalam Temu Koordinasi Nahkoda dan Perwira Kapal Pengawas Perikanan di Jakarta, Selasa (13/1)./Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Political Commucation Institute menyebut di antara menteri di Kabinet Kerja, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, paling banyak diberitakan media.

Hal itu merupakan hasil riset komunikai Political Commucation Institute tentang para menteri yang membantu Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

 “Menteri Susi diberitakan sebanyak 12,3 persen selama enam bulan terakhir kabinet kerja berjalan,” kata Direktur Political Communication Institute Heri Budianto, Senin (11/5/2015).

Heri mengatakan, semakin banyak para menteri itu diberitakan oleh media massa, maka artinya semakin banyak pula kegiatan para menteri itu diketahui oleh publik. Menteri Susi yang nyentrik dengan gayanya, menurut Heri, menjadi salah satu alasan media sering menuliskan tentangnya.

“Dia sesuai dengan selera media,” katanya. Selain itu, dari hasil penelitian timnya pun Susi dinilai adalah sosok yang jujur dan tegas.

“Khususnya memberikan sanksi kepada para pencuri ikan. Makanya dia jadi teropong media.”

Posisi kedua yang sering diberitakan media nasional adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly sebanyak 9,3 persen. Lalu, pada peringkat ketiga, ada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan sebanyak 9,1 persen.

Pada peringkat ke lima ada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno. Dia diberitakan oleh media sebanyak 8,3 persen. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang ditulis oleh media sebanyak 7,8 persen.

Poling yang dilakukan Political Communication Institute disarikan dari 15 media massa nasional cetak, online, maupun televisi. Sebanyak 32.047 berita antara Oktober 2014-April 2015 dengan periode riset antara 1-7 Mei 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini