6 Spesies Baru Ditemukan di Gunung Tambora

Bisnis.com,13 Mei 2015, 09:47 WIB
Penulis: Yulianisa Sulistyoningrum
Gunung Tambora/wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan enam spesies baru di Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat. Keenam spesies tersebut ditemukan dalam ekspedisi eksplorasi kekayaan hayati yang dilakukan LIPI bersama tim Ekspedisi NKRI pada peringatan 200 tahun letusan Tambora, selama 15 hari mulai 16 hingga 30 April 2015 lalu.

Tim eksplorasi terdiri dari 48 orang yakni 16 orang dari LIPU, tujuh orang dari tim Ekspedisi NKRI, enam orang perwakilan Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Bima Dompu, sedangkan sisanya adalah warga setempat.

Enam spesies baru yang ditemukan adalah dua spesies cicak yakni cyrtodactylus sp1, dan cyrtodactylus sp2. Kemudian laba-laba atau Arachnida spesies stylocellys sp. Dan Sarax sp. Dan jenis ngengat yakni ernolatia sp. Dan Xyleutes sp.

Peneliti Pusat Penelitian (Puslit) Biologi LIPI Cahyo Rahmadi mengatakan, temuan ini memberikan kontribusi yang sangat penting pada pengetahuan keanekaragaman hayati di Indonesia.

"Memang masih membutuhkan waktu proses identifikasi yang panjang dan tidak sebentar. Namun kami berani menyatakan bahwa ini adalah spesies baru karena berbeda dan tidak ada dalam data gambaran spesies yang kami miliki sebelumnya," ujarnya di Media Center LIPI, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Selain enam spesies fauna yang baru, LIPI juga menemukan satu spesies flora yang baru yakni dari sub family epithemateae marga monophyllaea. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini