Hillary Clinton Mendapat US$30 Juta untuk Modal Capres 2016

Bisnis.com,16 Mei 2015, 16:44 WIB
Penulis: Irene Agustine
Hillary Clinton/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bakal calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton dan suaminya Bill Clinton meraup pendapatan hingga US$30 juta sepanjang tahun lalu.

Dari total itu, sedikitnya US$25 juta didapatkan dari royalti penyampaian sekitar 100 pidato untuk maju ke pemerintahan pada 2016.

Adapun, US$5 juta sisanya didapatkan dari royalti dari buku yang ditulis mantan ibu negara AS itu berjudul “Hard Choices”. Buku itu mulai diterbitkan pada Juni tahun lalu.

Reuters, Sabtu (16/5/2015), mengabarkan bahwa pendapatan Clinton setara dengan 0,1% dari total pendapatan yang diterima penduduk AS, menurut data pemerintah.

Sejak meninggalkan jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri AS pada 2013 lalu, Hillary diperkirakan telah menerima sebanyak US$250.000 per pidato yang dilakukannya. Beberapa penampilannya dibayar oleh lembaga keuangan seperti Goldman Sachs dan Bank of America.

Saat ini, nilai asset keuangan minimum Clinton mencapai US$11,3 juta. Nilai itu diluar beberapa aset seperti tempat tinggal dan barang pribadi lainnya.

Ketimpangan ekonomi merupakan tema awal dari calon dari Partai Demokrat dan Republik untuk berlomba-lomba menduduki Gedung Putih pada November 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendri Tri Widi Asworo
Terkini