Metland & Ascendas Bangun Metland Cyber City

Bisnis.com,23 Mei 2015, 01:33 WIB
Penulis: Deliana Pradhita Sari
Peta proyek pengembangan Metland Cyber City/Ilustrasi-www.kaylerealty.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Metropolitan Land Tbk melalui entitas usahanya PT Metropolitan Karyadeka Development menggandeng operator ruang bisnis asal Singapura, Ascendas, untuk membangun Metland Cyber City.

Kedua perusahaan tersebut membentuk usaha patungan dengan kesertaan saham masing-masing 50%. Adapun proyek yang berlokasi di Cipondoh, Tangerang, itu akan diberi nama Ascendas Metland Cyber.

Presiden Direktur PT Metropolitan Karyadeka Development Nanda Widya mengatakan Metland Cyber City merupakan megaproyek terpadu seluas 60 ha yang memakan waktu pengembangan hingga 10 tahun. Namun, pihaknya melalui usaha patungan dengan Ascendas bakal menggarap lahan seluas 9,7 ha yang dibagi dalam empat pengembangan.

Adapun, fase pertama akan dibangun di atas lahan seluas 1,3 ha yang meliputi tiga menara berupa perkantoran dan apartemen. Proyek tersebut akan diluncurkan pada 2016.

“Kami mematok harga jual sebesar Rp20 juta hingga Rp24 juta per meter persegi,” katanya.

Dia menuturkan proyek komersial di Metland Cyber City ini merupakan gebrakan di kawasan Tangerang yang mengusung konsep cyber terkoneksi antarbangunan. Oleh karena itu, pihaknya gencar menggarap mulai tahun ini meski properti sedang didera kelesuan.

Menurutnya, siklus properti itu wajar terjadi. Bahkan, Lanjut dia, Indonesia pernah mengalami siklus properti terburuk pada 1998 dan 2008.

“Kita bangun saat properti sedang melemah. Ketika bangunan jadi, 2  hingga 3 tahun mendatang, kondisi properti sudah pulih dan normal kembali. Begitu strateginya,” terangnya.

Dengan menggandeng mitra dari Singapura, perusahaan semakin optimis mengembangkan proyek yang sebelumnya bernama Metland West City Ini. Pasalnya, dia mengklaim Ascendas memiliki reputasi baik dalam bidang masterplan, pengelolaan dan pemasaran proyek.

CEO dan Presiden Grup Ascendas Manohar Khiatani mengatakan usaha patungan di proyek Metland Cyber City ini merupakan gebrakan pertamanya di Indonesia. “Kami telah studi kasus di Indonesia selama dua tahun terakhir. Ini adalah proyek yang cocok dan sesuai dengan misi perusahaan kami,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini