Di Hotel ini, Sambut Tamu Hingga Bersihkan Kamar Dilakukan Robot

Bisnis.com,03 Jun 2015, 11:28 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Robot resepsionis di Hotel Henn-na Jepang/bbccouk/yus

Bisnis.com, JAKARTA - Bukan Jepang namanya kalau tidak punya inovasi dalam hal pengembangan teknologi robot. Robot yang dulu lebih banyak digunakan di sektor manufaktur kini mulai diarahkan ke sektor jasa termasuk untuk layanan di perhotelan.

Pada Juli 2015 mendatang, Hotel Henn-na di KOta Sasebo misalnya akan menempatkan para resepsionis berupa robot-robot cantik, demikian dilaporkan BBC.co.uk, Rabu (3/6).

Di meja resepsionis hotel tersebut hanya ada dua pegawai manusia asli, sedangkan 10 lainnya merupakan robot yang mirip manusia. Robot-robot itu akan menyambut tamu, mengangkat tas-tas dan bahkan membersihkan kamar setelah tamu sudah pergi.

Dilengkapi dengan wajah dan tubuh perempuan yang sangat mirip manusia, robot-robot itu dirancang untuk berbincang dalam sejumlah bahasa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tamu di hotel dengan 72 kamar itu.

Kehadiran robot itu disebutkan untuk memberikan pengalaman berteknologi tinggi kepada para tamu. Salah satu wujudnya ialah perangkat pengenalan wajah untuk membuka pintu sehingga tamu tidak lagi memerlukan kunci kamar.

Walaupun ini tidak berarti semua staf resepsionis dan porter sekarang terancam dengan kebangkitan pelayanan robot, industri perhotelan secara keseluruhan sangat menerima perkembangan teknologi baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusran Yunus
Terkini
'