MUDIK LEBARAN: Organda Kaltim Jamin Tak Ada Kenaikan Harga Tiket

Bisnis.com,23 Jun 2015, 13:22 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Sejumlah bus antarprovinsi terparkir di salah satu terminal./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kalimantan Timur mengklaim tidak akan ada kenaikan harga tiket angkutan darat untuk semua rute selama mudik Lebaran tahun ini. 

“Kalau kami naikkan harga, orang-orang semakin enggak mau naik angkutan darat. Harga normal saja orang jarang naik, apalagi dinaikkan,” tutur Ketua Organda Kaltim Ambo Dalle, Selasa (23/6/2015). 

Dia bahkan sempat berencana untuk menurunkan tarif angkutan darat untuk menarik minat penumpang. Namun, rencana itu tak dilakukannya mengingat okupansi penumpang yang tengah menurun pada hari-hari normal. 

Apabila tarif angkutan kendaraan diturunkan dengan okupansi penumpang yang tak memenuhi standar, biaya operasional kendaraan pun tak dapat tertutupi. 

“Hari-hari normal okupansi penumpang hanya 40%, padahal standarnya 60%. Jadi ini mudik Lebaran kami prediksikan paling maksimal kepadatan penumpang mencapai 80% saja,” sambungnya. 

Ambo berpendapat menurunnya okupansi penumpang pada hari-hari normal ini disebabkan oleh masyarakat yang mulai menggunakan kendaraan untuk berpergian antarkabupaten ataupun antarprovinsi. 

“Untuk jarak dekat seperti Samarinda-Balikpapan saja saat ini sudah banyak yang menggunakan motor pribadi, atau ramai-ramai menggunakan mobil. Jadi sudah jarang yang menggunakan bus,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini