Telkomsel Klaim Gaet 600.000 Pengguna 4G LTE

Bisnis.com,26 Jun 2015, 13:44 WIB
Penulis: Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), operator seluler terbesar di Indonesia, mengklaim telah berhasil menggaet 600.000 pengguna layanan 4G LTE di lima kota.

“Sejak diluncurkan di Jakarta pada Desember lalu, disusul Bali, Bandung, Surabaya, dan Medan, sudah ada 600.000 pelanggan 4G LTE Telkomsel. Di sisa tahun ini kami akan hadirkan lagi 4G LTE di Makassar dan Manado,” kata VP Komunikasi Korporat Telkomsel Adita Irawati di Jakarta, Kamis (25/6/2015) malam.

Dia mengatakan layanan 4G LTE Telkomsel di Makassar dan Manado akan menggunakan pita frekuensi 1.800 MHz. Sementara di lima kota sebelumnya masih menggunakan pita 900 MHz.

Pada 6 Juli mendatang, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan direksi Telkomsel akan melakukan seremoni peluncurkan layanan seluler generasi keempat itu di Makassar.

Pada waktu yang bersamaan, PT Indosat Tbk dan PT XL Axiata Tbk juga akan menghadirkan layanan serupa masing-masing di Balikpapan dan Lombok. Peluncuran serentak ini diyakini akan mengurangi kesenjangan pita lebar antara daerah Indonesia bagian barat dan timur.

Ketiga operator terbesar di Indonesia itu sebenarnya telah meluncurkan 4G LTE dengan menggunakan pita 900 MHz. Padahal, berdasarkan pengalaman negara lain, ekosistem terbaik untuk teknologi pita lebar tersebut adalah di pita 1.800 MHz.

Namun, keinginan operator tersebut sempat terhalang karena pita 1.800 MHz belum ditata ulang. Kepemilikan operator atas blok-blok spektrum di pita tersebut masih terpisah-pisah sehingga perlu direalokasi menjadi berdampingan.

Proses tata ulang tersebut disepakati dimulai pada 4 Mei 2015 di Maluku. Hingga saat ini proses penataan telah dilakukan di Papua, Sulawesi, dan sebagian Kalimantan.

Namun, penataan akan dihentikan dua minggu menjelang dan sesudah Lebaran. Jakarta akan menjadi daerah terakhir yang akan ditata, tepatnya pada 23 November 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini