Kolam Renang Sumber Kuman Penyakit

Bisnis.com,27 Jun 2015, 12:10 WIB
Penulis: Newswire
Kolam renang/realestate.com.au

Bisnis.com, JAKARTA-- Bila Anda dan sekeluarga ada agenda untuk mengunjungi rekreasi air, sebaiknya lebih waspada. Sebab, berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, penyakit akibat kuman di dalam air semakin meningkat.

Lembaga Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan terdapat 1.788 kasus penyakit yang disebabkan oleh bakteri di dalam air sepanjang 2011-2012. Sebanyak 69 kasus di antaranya terjadi akibat berenang di kolam renang umum dan pemandian air panas.

Kuman Cyrptosporidium, penyebab penyakit ini, merupakan parasit yang sering ditemukan pada kotoran manusia dan hewan. Parasit yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan penyakit diare. Parasit ini mampu bertahan tujuh hari di dalam air yang tergenang, meski kolam sudah diberi zat disinfektan atau kaporit.

Selain karena Cyrptosporidium, beberapa penyakit juga disebabkan oleh bakteri Escheria Coli, Legionella, virus Adenovirus, dan zat kimia seperti gas klor yang bercampur dengan parasit.

Jadi cara ampuh agar terhindar dari penyakit parasit air adalah tidak berenang atau berendam saat diare. Selain itu, sebaiknya mandi terlebih dulu sebelum berenang atau berendam. Bersihkan seluruh kotoran dari tubuh.

Anda juga tidak disarankan membuang air kecil atau pipis di kolam renang. Berdasarkan penelitian, zat dalam urin yang terkontaminasi dengan kaporit mampu membuat mata iritasi dan merah tatkala berenang. Tak hanya itu, jangan sekali-kali menelan air kolam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini