Harga Sejumlah Komoditas Turun, Inflasi Manado pada Juni Menyusut

Bisnis.com,01 Jul 2015, 17:06 WIB
Penulis: Lukas Hendra TM
Harga telur ayam di sejumlah daerah seperti Manado selama Juni menurun./Ilustrasi-JIBI-Rachman

Bisnis.com, MANADO - Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara mengungkapkan inflasi Kota Manado pada Juni 2015 0,49%. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 0,95%.

Namun, kenaikan inflasi pada Juni 2015 masih lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi nasional yang menyentuh 0,54%.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulawesi Utara Marthedy M. Tenggehi mengatakan inflasi pada Juni 2015 tersebut didorong oleh adanya kenaikan indeks pada seluruh kelompok komoditas.

Adapun, kelompok yang paling besar adalah bahan makanan sebesar 1,21%, disusul oleh kelompok transportasi komonikasi dan jasa keuangan sebesar 0,94%.

"Sementara itu, komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain tomat sayur, angkutan udara, cakalang, kangkung, lemon, daun pakis, tindarung, ayam ras dan lain lain," katanya, Rabu (1/7/2015).

Namun, yang perlu digarisbawahi adalah cabai rawit, beras, telur ayam ras mengalami penurunan harga.

Penurunan harga cabai rawit, lanjutnya, ternyata mampu meyumbang deflasi sebesar 0,1714%. Kendati, kenaikan harga tomat sayur masih memberi andil inflasi terbesar di Kota Manado sebesar 0,1688%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini