Samad Tak Meragukan Calon Pimpinan KPK dari Polri

Bisnis.com,02 Jul 2015, 17:07 WIB
Penulis: Dika Irawan
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Abraham Samad memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta, Rabu (24/6/2015)./Antara-Vitalis Yogi Trisna

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi non-aktif Abraham Samad mendukung calon pimpinan KPK dari unsur Polri dengan catatan sosok tersebut harus progresif saat memimpin lembaga tersebut.

"Ya dukunglah dari Polri. Saya mendukung siapa saja asal bisa jadi pimpinan KPK. Siapa saja mau dari polisi atau jaksa tidak masalah," katanya seusai menjalani pemeriksaan di Bareskrim terkait perkara dugaan pemalsuan dokumen, Kamis (2/7/2015).

Menurut Samad, pimpinan KPK dari Polri juga dapat progresif memberantas korupsi karena kemampuan tersebut bukan terletak pada insitusi melainkan pada individu itu dalam memimpin.  "Itu bukan masalah individu bukan," katanya.

Pekan lalu, pansel capim KPK menyatakan ada 19 perwira Polri yang mendaftar capim KPK. Enam di antaranya berstatus purnawirawan Polri.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Budi Gunawan mengatakan sudah ada tiga perwira Polri yang berminat maju dalam capim KPK yaitu Irjen Pol. Yotje Menda, Irjen Pol. Syahrul Mama, dan Irjen Purn. Beny Mamoto.

Selain itu ada tiga nama lain yang mengajukan, Brigjen Pol. Basariah Panjaitan pengajar di Sekolah dan Staf Pimpinan Polri, Irjen Pol. Tubagus Anis Angkawijaya yang menjabat Asisten Sarana dan Prasarana Polri, dan Irjen Pol V. Sambudioyono selaku Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini