RONALDINHO Tak Jadi ke Turki atau Angola, Pilih Fluminense

Bisnis.com,12 Jul 2015, 08:16 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Ronaldinho/FCBarcelona.com

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu legenda Brasil, Ronaldinho de Assis Moreira, akhirnya berlabuh di klub negara asalnya, Fluminense. Pemain berusia 35 tahun itu dikontrak hingga akhir tahun depan.

Sebelumnya Ronaldinho dikaitkan dengan klub Turki Antalyaspor dan klub Angola Kabuscorp plus liga Amerika Serikat Major League Soccer (MLS) sejak terakhir bermain untuk klub Liga Meksiko Queretaro musim lalu.

Namun akhirnya pemain kelahiran Porto Alegre, Brasil, itu lebih memilih pulang ke kampung halamannya dan bermain untuk Fluminense.

Fluminense mengumumkan telah tercapainya kesepakatan dengan sang pemain. Klub yang berbasis di Rio de Janeiro itu berharap Ronaldinho dapat membantu untuk meraih juara Brasileirao yang terakhir diraih pada 2012.

“Itu salah satu yang memotivasi saya untuk kembali ke Brasil, memenangi gelar yang belum pernah saya dapatkan, dan juga karena klub ini memiliki para pemain hebat,” kata gelandang serang itu.

Ronaldinho memang pernah main untuk klub-klub Brasil Gremio, Flamengo, dan Atletico Mineiro.  Bersama Mineiro dia memenangi Copa Libertadores 2013 dan Recopa Sudamericana 2014, namun belum pernah satu kali pun dia mendapatkan titel juara kompetisi reguler domestik Serie A Brasileirao.

Selain memperkuat tiga klub kondang Brasil itu, yang semuanya pernah menjadi juara Copa Libertadores, turnamen antarklub negara Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), Ronaldinho juga sempat bermain di Eropa untuk Barcelona, AC Milan, dan Paris Saint-Germain.

Untuk Timnas Brasil, Ronaldinho bermain sejak 1999 dalam 97 pertandingan dan mengontribusi 33 gol. Dia menjadi bagian penting ketika Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan, juara Copa America 1999 di Paraguay, dan juara Piala Konfederasi 2006 di Jerman.

Salah satu kontribusi spektakuler Ronaldinho di Piala Dunia 2002 terjadi pada perempat final saat mencetak gol kemenangan Brasil 2-1 atas Inggris di mana dia melepas tendangan bebas dari jarak 35 meter, menusuk sudut kanan atas gawang Inggris yang dikawal kiper David Seaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini