Trafik Layanan Data XL Meningkat 11% Selama Lebaran

Bisnis.com,22 Jul 2015, 11:26 WIB
Penulis: Agnes Savithri
xl

Bisnis.com, JAKARTA—Para operator telekomunikasi mencatat peningkatan trafik layanan komunikasi baik data, SMS dan voice selama  Hari Raya Idul Fitri 2015.

PT XL Axiata Tbk (XL) mencatat kenaikan trafik layanan data sebesar 11% dibandingkan dengan hari biasa. Kenaikan tersebut dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri dan jumlah ini meningkat 41% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan mengatakan pihaknya telah melalui masa-masa kenaikan trafik sepanjang Ramadan hingga Lebaran tahun ini dengan lancar. “Penerapan sejumlah perangkat dalam sistem pemantauan jaringan dan sistem billing telah kami persiapkan untuk menghadapi peningkatan trafik selama Ramadan dan Lebarn,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Menurut Ongki, dalam tiga tahun terakhir ini terlihat pergeseran kebiasaan pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi. Pemakaian layanan voice dan SMS berkurang. Pihaknya mencatat dibandingkan trafik pemakaian di hari biasa, pengguna voice turun hingga 35% sedangkan untuk SMS turun hingga 40%.

Penurunan ini disebabkan oleh pergeseran kebiasaan pelanggan yang lebih menyukai layanan data. Sehingga, kenaikan trafik pengguna layanan komunikasi berbasis digital terus meningkat.

Di samping itu, jelang Lebaran, operator grup Axiata ini mencatat sekitar 26% dari pelanggan mereka di Jabodetabek berpindah lokasi ke luar kota. Perpindahan tertinggi tercatat berada di wilayah Jawa Tengah. Kenaikan jumlah pelanggan tertinggi terjadi di Tegal sebesar 65%, disusul oleh kenaikan di Pekalongan dan Kebumen.

Wilayah Jawa Timur yakni Madura mencatat kenaikan sebesar 300% diikuti dengan Blitar dan Jombang. Perpindahan pelanggan di luar Jawa pun terlihat meningkat seperti di Sumater. Kota Bukittinggi mencatat perpindahan tersebesar di Pulau Sumetera yakni sebesar 80%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini
'