APRINDO: Ini yang Perlu Dilakukan untuk Bangun Gerai Perbatasan

Bisnis.com,27 Jul 2015, 13:27 WIB
Penulis: Muhammad Avisena
Perbatasan Indonesia dengan Papua New Guinea/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy Nicolas Mandey mengatakan, sebenarnya wacana mengadakan gerai perbatasan sudah cukup lama dibicarakan. Saat ini penduduk di kawasan perbatasan memang sangat sulit mendapatkan barang kebutuhan pokok.

Namun, untuk merealisasikan upaya tersebut, pemerintah harus mengatur regulasinya serta memulai pembicaraan bilateral dengan negara-negara terkait. Selain itu, pemerintah pusat juga harus menjembatani perizinan di kawasan perbatasan dengan pemerintah daerahnya.

“Perlu pemahaman yang sama di kabupaten atau wilayah kotamadya yang ada di perbatasan. Pemahaman yang sama ini harus dibangun dari kementerian,” ujarnya, Senin (27/7/2015)

Sementara itu, dari segi para peritel menurut Roy, harus ada evaluasi daerah mana saja yang menjadi prioritas pembangunan, terutama yang dekat dengan pusat distribusi. Jika tidak ada pusat distribusi yang  dekat, maka akan menyebabkan harga lebih tinggi karena biaya pengiriman yang terlalu mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini