Produk Alat Tulis RI Tembus Hungaria

Bisnis.com,05 Agt 2015, 20:49 WIB
Penulis: Muhammad Avisena
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah berhasil menembus pasar Hungaria, produk alat tulis Indonesia diharapkan mampu meningkatkan penetrasinya ke negara tersebut serta pasar - pasar Eropa Timur lainnya.

PT. Solo Murni – produsen produk alat tulis dengan merek dagang Kiky Stationery – menjadi perusahaan alat tulis pertama yang menembus pasar Hungaria. Perusahaan tersebut mendapatkan kesepakatan dagang dengan Cardex Európa Kft untuk produk desk notepad ukuran A2 sebanyak 15.000 unit. Selain produk desk notepad, kedua perusahaan tersebut juga menjajaki kemungkinan kerja sama produk lainnya seperti gift box dan wrapping paper.

“Kerja sama antara PT. Solo Murni dengan Cardex Európa Kftmenjadi langkah awal masuknya produk stationery Indonesia ke Hungaria,” kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest Hikmat Rijadi, Senin (3/8).

Hikmat mengatakan, minat pengusaha Indonesia untuk masuk ke pasar Hungaria semakin meningkat. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan tren pertumbuhan ekspor Indonesia ke Hungaria pada periode 2010-2014 mengalami peningkatan sebesar 2,62%.

Pada 2014 nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Hungaria mencapai US$86,87 juta dengan neraca perdagangan mengalami surplus sebesar US$24,44 juta. Pada tahun sebelumnya, Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan negara tersebut sebesar US$19,05 juta.

Terkait ekspor produk alat tulis Indonesia, Hikmat menilai dengan adanya kesepakatan dengan Cardex Európa Kft, akan membuka peluang bagi produk tersebut untuk semakin memperluas penetrasi pasar ekspornya ke kawasan Eropa Timur lainnya karena negara tersebut menjadi salah satu entry market untuk kawasan Balkan dan Eropa Timur .

Cardex Európa Kft merupakan perusahaan distribusi stationery dan kertas terbesar di Hongaria. Perusahaan tersebut memiliki jaringan sebanyak kurang lebih2000 peritel,termasuk sejumlah jaringan hypermarket dan supermarket seperti Auchan, Tesco, Spar, CBA, Metro, dan Office Depot.

Managing Director Cardex Európa Kft Balász Pulay produk perusahaan Cardex Európa Kft telah berhasil diekspor atau pun diekspor ulang ke beberapa negara di kawasan Eropa Tengah, Timur, maupun Barat. Negara tersebut a.l. Republik Ceko, Estonia, Finlandia, Kroasia, Polandia, Latvia, Italia, Romania, Serbia, Swedia, Slovakia, Slovenia, dan Turki.

Lebih lanjut, Pulay mengatakan, sebagai salah satu pemain utama produk alat tulis di Hungaria, Cardex Európa Kft telah memiliki kesepakatan eksklusif dengan Hallmark, produsen kartu ucapan ternama Amerika Serikat. Cardex Európa Kft juga memiliki kerja sama eksklusif dengan beberapa institusi ternama di dunia seperti UNICEF dan Disney. Setiap tahunnya sekitar 4 juta kartu ucapan terjual kepada kedua lembaga tersebut.

Di lain pihak, Presiden Direktur PT. Solo Murni Sinyo Haryanto para pelaku usaha memerlukan peranan pemerintah khususnya untuk membantu proses ekspor produk mereka. “Keberadaan ITPC Budapest sangat membantu kami mengenal pasar Hongaria dan proses penjajakan kerja sama bisnis perusahaan kami dengan pelaku usaha di Hongaria,” kata Sinyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini