Simak! Peluang Bisnis Agen Sewa Tenda

Bisnis.com,11 Agt 2015, 18:25 WIB
Penulis: Ropesta Sitorus
Ilustrasi/facebook-alzam tenda

Bisnis.com, JAKARTA - Prospek yang cerah pada bisnis sewa tenda membuat kini semakin banyak pelaku usaha yang terjun dalam usaha ini dengan mengeluarkan modal puluhan juta.

Bagi Anda yang ingin menjajal usaha ini namun tidak memiliki modal besar, Anda bisa memulainya dengan menjadi agen dari pelaku usaha yang sudah lebih dulu berkembang.

Salah satu pelaku usaha yang menawarkan peluang keagenan adalah Yakin Utama yang berlokasi di Cibiru, Jawa Barat.

Sistem kerja sama dengan para agen ini sudah lama ditempuh Ilham Septa Sirmaya, bos Yakin Utama, demi memperluas segmen pasarnya.

Agennya ada yang berbentuk perorangan, ada juga perusahaan. Mereka berperan sebagai tenaga pemasar yang menghubungkan Yakin Utama dengan konsumen.

“Misalnya, perusahaan katering, saat menawarkan jasanya dia bisa sekaligus menyediakan paket-paket yang sudah sekaligus dengan tenda. Nantinya pengerjaannya diserahkan ke kami,” tuturnya.

Dia menawarkan keuntungan berupa bagi hasil 10% dari jumlah sewa yang dibayarkan konsumen kepada agen. Keuntungan lainnya bisa didapat agen tergantung kemampuannya dalam negosiasi harga dengan pengguna jasa.

“Jadi agen bisa menaikkan harga untuk keuntungannya. Sebenarnya lebih enak menjadi agen, tidak perlu pusing-pusing mengurusi barang tetapi dapat keuntungan,” tuturnya.

Ilham  tidak membuat persyaratan apapun untuk menjadi agen Yakin Utama. Dia juga tidak menetapkan ketentuan yang mengikat para agen.

Agen-agen Yakin Utama saat ini kebanyakan para pelaku usaha tata rias, pelaku usaha dekorasi pelaminan, pelaku usaha catering, serta mahasiswa di kampus-kampus seputar wilayah Bandung seperti ITB dan Unpad.

Beberapa pengelola gedung serba guna diajaknya kerja. Salah satu pelanggannya adalah MUI Bandung, serta gedung JCC di Jakarta.

Strategi menggandeng agen tersebut membuat pasarnya kini menjadi lebih luas.

Permintaan yang diladeninya tidak hanya untuk kebutuhan pesta, tetapi juga dari perusahaan, rumah sakit hingga kampus-kampus dan sekolah untuk berbagai acara seperti ulang tahun, bazaar, ospek dan aktivitas-aktivitas himpunan kampus lainnya.

Lokasinya pun macam-macam yakni tersebar di Bandung dan Jawa Barat serta di luar kota seperti di Palembang, Bali, Lombok, Kalimantan.

Permintaan dari luar kota ini umumnya adalah para pelanggan lama serta pelanggan baru yang mendapat informasi dari mulut ke mulut. Mereka tidak segan menyewa tenda dari Ilham kendati di kota-kota tersebut ada banyak pelaku usaha yang sama.

“Biasanya yang mereka lihat selain karena kualitas pelayanan juga karena harga yang lebih bersaing,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini