BWF Worldchampionship 2015: Ulasan Ganda Campuran Indonesia di Babak Ketiga

Bisnis.com,13 Agt 2015, 01:40 WIB
Penulis: Surya Rianto
Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dari empat wakil Indonesia di sektor ganda campuran, tiga di antaranya akan menemui lawan yang cukup sulit pada babak ketiga TOTAL BWF Worldchampionship 2015.

Ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir akan berhadapan dengan pasangan Malaysia Peng Soon Chan/Liu Ying Goh. Secara head to head, pasangan Indonesia yang juga peringkat tiga dunia  unggul jauh 5-1 dari pasnagan Malaysia tersebut.

Pasangan Malaysia peringkat 29 dunia  itu sempat sekali mengalahkan Tontowi/lilyana pada China terbuka 2012. Saat itu Tonli dikandaskan dua set langsung 19-21,14-21. Tapi, pertemuan sisanya pasangan Indonesia itu selalu menang.

Pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi pada Indonesia Open 2013. Saat itu, Tonli berhasil membungkam pasangan Negeri Jiran dengan dua  set langsung 21-15,21-16.

Bila, Tonli berhasil mengatasi perlawanan Chan/Liu, maka pasangan Indonesia itu berpotensi bertemu dengan pasangan Indonesia lainnya Edi Subaktiar/Gloria Widjaja atau dengan pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Kim Ha Na.

Adapun, Edi/Gloria bisa disebut menemui lawan sulit pada babak ketiga ini. Pasalnya, wakil Indonesia itu belum pernah mencatatkan kemenangan ketika berhadapan dengan ganda Korsel tersebut.

Secara head to  head Edi/Gloria kalah 0-2 dari pasangan Korsel tersebut.Kekalahan pertama terjadi di Badminton Asia Championship 2013 lewat rubber set 20-22,21-14,12-21, sedangkan kekalahan kedua dialami di Australia terbuka lewat dua set langsung 15-21,16-21.

Sementara itu, wakil ganda campuran lainnya Praveen Jordan/Debby Susanto harus menghadapi unggulan kelima asal Denmark Joachim Fischer/Christina Pedersen. Secara head to head, pasangan Indonesia pun tertinggal jauh yaitu 0-6.

Kekalahan teranyar Praveen/Debby terjadi pada Indonesia terbuka 2015 Juni kemarin. Pasangan Indonesia itu takluk 17-21,15-21.

Bila Praveen/Debby berhasil menang dari pasangan Denmark tersebut, maka pasangan Indonesia itu berpeluang menemui calon lawan lebih berat lagi yaitu Zhang Nan/Zhao Yunlei yang menjadi unggulan pertama di kejuaraan ini.

Wakil Indonesia terakhir di sektor ganda campuran adalah Riky Widianto/Richi Puspita yang harus berhadapan dengan pasangan China Liu CHeng/Bao Yixin. Kedua pasangan itu belum pernah bertemu sekalipun.

Bila Riky/Richi lolos ke kuartel final, maka calon lawannya adalah antara Mads Kolding/Kamilla Rytter atau Chris Adcock/Gabriel Adcock.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini