HUT Kemerdekaan, Jangan Lupa Nonton 'Fly Pass' Pesawat Tempur

Bisnis.com,15 Agt 2015, 12:42 WIB
Penulis: Akhirul Anwar
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengikuti gladi latihan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/8)./Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Warga Jakarta bisa menyaksikan langsung gemuruh fly pass pesawat tempur di langit Istana Merdeka dalam rangkaian upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2015).

Pada saat gladi bersih di Istana Merdeka Sabtu (15/8/2015), sedikitnya 10 pesawat tempur jenis Sukhoi F-16 dan T-50 melintas sekitar pukul 10.30 dari arah utara menuju selatan atau dari Istana Merdeka arah Monumen Nasional (Monas). Atraksi ini merupakan penghormatan TNI AU pada Hari Kemerdekaan.

Pesawat terbang dengan ketinggian 800 kaki sehingga sangat jelas terlihat dari tempat lokasi upacara. Saking dekatnya, suara mesin bisa menggetarkan tenda. Pertunjukan langka ini akan digelar kembali pada upacara HUT RI pada Senin (17/8/2015) besok.

Ketika gladi bersih, Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR Setya Novanto berkesempatan melihat fly pass tersebut. Begitu juga tamu yang lain berusaha mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

Jet tempur akan mengeluarkan asap putih tepat di atas Istana Merdeka dan terbang rendah sehingga masyarakat yang ingin menyaksikan bisa melakukan persiapan di kawasan Monumen Nasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini