5 Makanan Penyebab Sakit Kepala

Bisnis.com,20 Agt 2015, 13:32 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Sakit kepala/boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA—Tahukah Anda, perubahan pola makan dan jenis makanan tertentu dapat memicu migrain dan sakit kepala?

Banyak orang mengeluhkan masalah tersebut. Mengesampingkan alasan yang jelas seperti sinusitis, stres dan ketegangan mental, hanya sedikit orang yang tahu bahwa diet mereka bisa menjadi penyebabnya.

Terkejut? Karena itulah mengapa Anda harus lebih waspada terkait apa yang Anda makan untuk menghindari rasa sakit berdenyut-denyut di kepala Anda.

Sakit kepala adalah ketidaknyamanan atau sensasi tekanan yang terjadi di bagian di kepala. Migrain adalah jenis umum dari sakit kepala yang biasanya terjadi pada satu sisi kepala.

Ahli gizi Dr Sunita Dube setuju bahwa diet seseorang dapat mempengaruhi sakit kepala. "Orang dengan riwayat keluarga migrain, selain stres, makanan dan minuman mungkin bertanggung jawab untuk sampai 30 persen dari migrain,” ujarnya.

Dia mengatakan hal tersebut di luar factor lainnya seperti perubahan hormonal , stres, kebiasaan, dan depresi tidur, yang mungkin persentasenya lebih tinggi.

Salah satu alasan paling umum untuk sakit kepala karena perubahan pola makan tiba-tiba beralih ke diet kalori sangat rendah, dengan kata lain, diet kecelakaan. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika diet ini mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sepenuhnya.

Otak hanya dapat menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar. Sakit kepala juga bisa dipicu karena kadar gula darah yang rendah. Juga, jika Anda mulai melewatkan makan terlambat makan. Bahkan asupan air yang sangat rendah dapat memicu sakit kepala.

Namun ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala, yang mungkin selama ini tidak diketahui banyak orang. Berikut 5 jenis makanan tersebut diantaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini