Film Jenderal Soedirman: Usai Nonton, Ini Komentar Jokowi

Bisnis.com,25 Agt 2015, 09:12 WIB
Penulis: Newswire
Presiden Joko Widodo /Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Padma Pictures meluncurkan film perdananya berjudul Jenderal Soedirman. Film ini juga merupakan hasil kerja sama dengan Mabes TNI AD, Yayasan Kartika Eka Paksi, dan Persatuan Purnawirawan AD.

SIMAK: Ini 4 Tempat Terbaik untuk Berpesta di Asia Tenggara

Dalam gala première di XXI Epicentrum, pada Senin(24/8/2015)  malam, hadir Presiden Joko Widodo  (Jokowi) sebagai tamu kehormatan untuk menyaksikan film tersebut.

BACA JUGA: 9 Tempat Harus Anda Kunjungi di Busan

"Saya kira akan kita wajibkan anak-anak kita untuk nonton film ini, karena sangat sarat nilai-nilai perjuangan. Mungkin anak-anak sekarang tidak bisa membayangkan betapa sulitnya perjuangan para pahlawan," ujar Jokowi seusai menonton film tersebut.

Tiba sekitar pukul 20.00 WIB, Jokowi langsung diarahkan menuju ke studio 2 dengan pengawalan yang ketat. Jokowi tidak memberi komentar apa pun kepada wartawan. Jokowi hanya melirik sekejap sambil melempar senyum.

Seusai menonton, Jokowi mengapresiasi film garapan sutradara Viva Westi itu. Menurut Jokowi, film tersebut memiliki nilai-nilai perjuangan yang patut dijadikan teladan. Bahkan Jokowi akan mewajibkan film itu untuk ditonton generasi muda.

Film ini mengangkat kisah perjuangan Jenderal Soedirman melakukan strategi perang gerilya untuk melawan agresi militer Belanda pada 1948. Dengan hanya 12 orang, Soedirman menjadikan pulau Jawa sebagai medan gerliya yang luas.

Meskipun sambil menanggung penyakit tuberkulosis, Soedirman masih bisa memberi komando gerilya. Bahkan perang gerilya ini membuat Jenderal Simons Spoor, panglima tentara Belanda, kelabakan karena kehabisan logistik.

"Tanpa perang gerilya yang dilakukan Pak Dirman mungkin kemerdekaan Indonesia tidak akan pernah terjadi karena saat itu semua pemimpin Indonesia ditangkap Belanda," ucap Jokowi.

Soedirman dalam film tersebut diperankan oleh Adipati Dolken. Film tersebut juga menampilkan tokoh sejarah seperti Tjokropranolo alias Kapten Nolly (Ibnu Jamil), Soekarno (Baim Wong), Hatta (Nugie), dan Tan Malaka (Mathias Muchus). Film ini akan ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia pada 27 Agustus 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini