Asean dan Kanada Sepakati Rencana Kerja 2016-2020 di Berbagai Bidang

Bisnis.com,26 Agt 2015, 17:26 WIB
Penulis: Wike Dita Herlinda
Ilustrasi/canasean.com

Bisnis.com, JAKARTA – Para menteri bidang ekonomi di Asean mengadakan pertemuan dengan perwakilan Kanada guna menyepakati Rencana Kerja 2016-2020 dalam forum KTM Asean 2015.

Berdasarkan laporan Kementerian Perdagangan yang dilansir Rabu (26/8/2015), rencana kerja itu mencakup berbagai bidang a.l. energi, teknologi ramah lingkungan, transportasi laut, migas, serta teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam pertemuan itu, para menteri Asean dan Kanada mengharapkan perdagangan kedua belah pihak dapat meningkat secara signifikan.

Wakil Kanada, Deputy Minister of International Trade Christine Hogan dan Menteri-Menteri Asean menyepakati secara bulat work plan ini.

Secara khusus, para Menteri Ekonomi Asean menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan semua program dan kegiatan yang telah disepakati dalam Work Plan 2012-2015 dan mengharapkan capaian yang lebih baik pada pelaksanaan Work Plan 2016-2020.

Presiden Canada-Asean Business Council (CABC) melaporkan kegiatan yang telah dan akan dilakukan pada 2015 antara lain Asean-Canada Business Forum pada Maret, CABC Annual General Meeting pada September, dan Public Private Partnerships (PPP) Infrastructure Roundtable pada Oktober.

Asean dan Kanada menyambut baik berbagai kegiatan CABC tersebut guna meningkatkan kinerja perdagangan dan investasi kedua pihak.

Total perdagangan antara Asean dan Kanada mencapai US$13,2 miliar di tahun 2014 dan memberikan surplus sebesar US$1,8 miliar untuk Asean, meningkat 7 % dibandingkan 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini