Ini Alasan Kalangan Remaja Lebih Lama Bercermin

Bisnis.com,14 Sep 2015, 18:07 WIB
Penulis: Reni Efita
Ilustrasi/Sheknows
Bisnis.com, JAKARTA -- Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke beranjak dewasa. Kulit wajahpun mulai berminyak, dan kadang-kadang muncul jerawat.
 
Perubahan perilaku juga beruban, bahkan menurut satu riset remaja putri lebih lama bercermin dari pada kelompok usia lainya.
 
Masa remaja dapat menjadi masa yang sangat membingungkan, karena para remaja mengalami berbagai macam perubahan baik dari sisi emosional, fisik dan kehidupan sosial mereka.
 
Sebagai bagian dari perkembangan ini, termasuk perilaku mereka untuk menjadi lebih mandiri, lebih mementingkan persahabatan, mencari jati diri, mempersiapkan diri menuju masa dewasa, khususnya bagi remaja putri yang sedang mengalami masalah jerawat dan kulit berminyak karena kondisi kulit yang belum stabil, kata psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi, akhir pekan lalu.
 
Satu riset menunjukan, kata Vera, 70% remaja putri berusia 15-17 tahun cenderung menarik diri dari aktivitas sehari-hari karena merasa tidak puas denganpenampilan mereka.
 
Kegelisahan terhadap penilaian diri sendiri ini muncul karena merekamenghabiskan 7,7 jam per minggu untuk bercermin, jauh lebih lama dari demografi lainnya.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini