BNI Incar Penyaluran KUR Sebesar Rp104 Miliar di Manado

Bisnis.com,14 Sep 2015, 16:19 WIB
Penulis: Amanda Kusumawardhani
Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Manado bakal mengucurkan kredit usaha rakyat dengan pagu mencapai Rp104 miliar hingga akhir tahun ini.

Meski telah menetapkan pagu kredit usaha rakyat (KUR), BNI Kanwil Manado baru mengucurkan KUR tersebut pada Oktober 2015.

"Untuk tahun ini, sekitar 50% dari pagu yang sudah ditetapkan bakal diprioritaskan di wilayah Manado," kata Johnny R. Tampubolon, CEO BNI Kanwil Manado, Senin (14/9/2015).

Terkait target debitur KUR, dirinya mengaku pihaknya tidak menetapkan target khusus alias hanya mengacu pagu yang telah ditetapkan oleh BNI Pusat.

Pada penyaluran KUR kali ini, dikenal tiga jenis pinjaman KUR yakni kredit ritel senilai Rp20 triliun, kredit mikro Rp9 triliun, dan kredit bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI) senilai Rp1 triliun.

Adapun, khusus penyaluran KUR bagi TKI telah ditunjuk sejumlah bank yakni Bank BRI sebesar Rp400 miliar, BNI Rp200 miliar, Mandiri Rp200 miliar, PT Bank Internasional Indonesia Tbk. Rp200 miliar, dan PT Bank Sinarmas Tbk. Rp200 miliar.

Selain itu, dirinya mengatakan BNI Kanwil Manado berencana membidik sektor-sektor unggulan, mulai dari perdagangan, jasa, dan pengolahan.

"Bukannya kami pilih-pilih, tetapi sektor perikanan dan pertanian memang agak susah. Tapi, kali ini, kami akan memperluas ke arah sana dengan mengintensifkan edukasi," jelasnya.

Secara nasional, jatah penyaluran KUR BNI senilai Rp3 triliun dengan rincian Rp1 triliun bagi mikro dan Rp2 triliun diperuntukkan pengusaha ritel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendri Tri Widi Asworo
Terkini