Kata Mantan Ketua Bapepam, Ali Wardhana Peletak Sistem Keuangan Negara Modern

Bisnis.com,15 Sep 2015, 14:25 WIB
Penulis: Lahyanto Nadie
Bacelius Ruru

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Ketua Bapepam Bacelius Ruru benar-benar merasakan kehilangan atas berpulangnya Ali Wardhana kemarin. Kenangan ketika bekerja di Departemen Keuangan (sekarang Kementerian Keuangan) bersama almarhum kembali muncul.

"Selamat jalan Bapak Prof Dr Ali Wardhana, peletak dasar sistem keuangan negara modern Indonesia serta pencetus sekian banyak gagasan dalam rangka pembangunan nasional Indonesia yang berkelanjutan," begitu tulis Bacelius Ruru dalam akun media sosialnya.

Sebagai profesional yang lama bekerja bersama almarhum, ia merasakan betapa kepemimpinan Ali Wardhana sebagai menteri keuangan telah membuat sistem yang bagus. "Kami bekerja dalam bagian kami masing-masing melaksanakan program dan kebijakannya," sambungnya.

Dalam pandangan Ruru, Ali Wardhana meletakkan dasar tentang pentingnya pengembangan karier bagi karyawan melalui sistem pendidikan dan pelatihan yang terpadu, termasuk pendidikan lanjutan di dalam dan luar negeri. Itulah yang mempermudah pelaksanaan tugas Departemen Keuangan sebagai bagian dari administrasi pemerintahan pada umumnya.

Begitu banyak karyawan Depkeu yang dikirim ke luar negeri untuk program pendidikan lanjutan adalah terjemahan dari visinya yaitu birokrasi yang mampu mengikuti dinamika pemerintahan. Itulah sebabnya Ruru yang jebolan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1975), juga menikmati pendidikan di Harvard Law School pada 1981.

Ruru dilahirkan di Desa Kakaskasen, Tomohon, Sulawesi Utara, 14 Juni 1948, memulai karir di Departemen Keuangan dari staf hingga menjabat Dirjen. Pria yang suka golf itu kini sebagai komisaris di beberapa perusahaan yang telah go public.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Stefanus Arief Setiaji
Terkini