Waduh, Presiden Mugabe Bacakan Pidato Kedaluwarsa

Bisnis.com,22 Sep 2015, 07:04 WIB
Penulis: Newswire
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe/Jibiphoto-Solopos.com

Kabar24.com, JAKARTA-- Salah baca pidato kerap terjadi di kalangan pejabat. Namun, yang terjadi pada Presiden Zimbabwe Robert Mugabe cukup menggelikan.

Presiden berusia 91 tahun tersebut menyampaikan kembali pidato yang sudah dia bacakan sebulan sebelumnya, sampai akhir. Dia tidak menyadari kesalahannya hingga selesai berpidato.

Insiden itu terjadi pekan lalu di Gedung Parlemen Zimbabwe. Mugabe kembali membacakan pidato kenegaraan, yang sebenarnya sudah dia bacakan sebulan sebelumnya di hadapan Parlemen.

Menurut News.Sky.com, pada awalnya, dia dicemooh oleh para anggota parlemen dari kalangan oposisi. Tapi, saat mereka menyadari bahwa isi pidato itu sama dengan apa yang dibacakan pada sebulan sebelumnya, mereka terdiam hingga pidato selesai.

Kalangan oposisi telah lama mengeritik bahwa Presiden sudah terlalu tua untuk memimpin negara tersebut. Menurut mereka, Mubage akan terhormat bila mengundurkan diri. Kesalahan pidato itu membuktikan kepikunan Mugabe.

"Memorinya sudah memudar, jika tajam, dia akan segera tahu bahwa pidatonya adalah pidato basi," kata Obert Gutu, juru bicara dari partai oposisi Gerakan untuk Perubahan Demokratik.

Seorang juru bicara Mugabe mengatakan, kesalahan ini terjadi di kantor presiden yang menyebabkan naskah pidato tertukar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini