Proyek MRT: Jokowi Tinjau Perkembangan Pengeboran

Bisnis.com,08 Okt 2015, 11:48 WIB
Penulis: Akhirul Anwar
Pekerja memantau proses pengangkatan mata bor raksasa yang akan dimasukkan ke lubang dudukannya di area proyek MRT kawasan Bundaran Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2015)./Antara-Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan perkembangan proyek pengeboran terowongan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Patung Pemuda Senayan Kamis (8/10/2015).

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang, helm safety serta rompi didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Direktur Utama MRT Jakarta Dono Boestami dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

Jokowi mengatakan mesin bor yang diberi nama 'Antareja' tersebut merupakan peradaban baru dalam bidang transportasi massal bawah tanah. Presiden menyatakan kegembiraannya atas berjalannya proyek tersebut.

"Ini adalah peradaban baru, kita memasuki peradaban baru, peradaban transportasi massal di bawah tanah, ini sejarah oleh sebab itu harus dilihat betul dan saya senang," kata Presiden seusai meninjau pengeboran tanah, Kamis (8/10/2015).

Jokowi menilai MRT Jakarta sebuah peradaban baru karena regulasi ruang bawah tanah juga merupakan hal baru di Indonesia.

"Ini sekali lagi sejarah jadi saya ingin pekerjaan subway MRT betul-betul tidak ada masalah," jelasnya.

Selain itu, Presiden juga senang dengan banyaknya transfer of knowledge dan transfer of technology yang memberikan wawasan baru bagi tenaga ahli dan insinyur dalam negeri.

Bor "Antareja" sudah mengebor sepanjang 12 meter. Nantinya dalam satu hari bisa sampai delapan meter.

"Per hari bisa jadi terowongan delapan meter, cepet banget. Ini memang yang paling anu mengawalinya," kata Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini