Uni Eropa Perhatikan Isu Akses Pasar

Bisnis.com,10 Okt 2015, 10:04 WIB
Penulis: Muhammad Avisena
Kayu manis/kemendag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pertemuan antara Menteri Perdagangan Thomas T. Lembong dengan EU Trade Commisioner Cecilia Malmstorm menindaklanjuti hasil pembahasan scoping paper yang dilakukan tim teknis di Bali baru-baru ini.

Malmstrom menyampaikan bahwa Uni Eropa sangat memperhatikan isu-isu seperti akses pasar, services, public procurement, dan tarif. Isu-isu ini sama pentingnya dengan isu geographical indicators, lingkungan hidup, dan lain-lain.

Akan tetapi, sebelum memasuki tahap negosiasi, kedua belah pihak diharapkan menyepakati the level of ambition dan memahami target/capaiannya.

”UE menyambut baik dimulainya kembali proses perundingan. Kami sependapat dan memahami bahwa proses tersebut memerlukan koordinasi dan konsolidasi internal yang membutuhkan waktu,” kata Thomas, Jumat (9/10/2015).

Thomas juga memastikan akan melakukan berbagai upaya agar kepentingan nasional benar-benar dapat terakomodasi dalam proses persiapan negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Stefanus Arief Setiaji
Terkini