PROYEK DDT: Headway KRL Bekasi Bakal Susut Jadi 3 Menit

Bisnis.com,19 Okt 2015, 18:12 WIB
Penulis: Muhamad Hilman
Petugas berusaha mengevakuasi masinis yang terjepit di gerbong ketika terjadi tabrakan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Juanda, Rabu (23/9)./Antara

Bisnis.com,BEKASI-PT Kereta Api Indonesia (KAI) memproyeksikan kedatangan antar-kereta (headway) jalur Bekasi nantinya menjadi 3 menit sekali, seiring pembangunan proyek double double track (DDT) atau jalur dwiganda.

Bambang S. Prayitno, Senior Manager Corporate Communication PT KAI Daop 1 Jakarta mengatakan saat ini jalur double track Manggarai-Bekasi digunakan oleh KRL dan kereta api jarak jauh, sehingga kedatangan kereta pada jalur Bekasi masih berkisar 10-15 menit. Bahkan tidak jarang harus mengalami keterlambatan.

"Nantinya ditargetkan headway jadi sama seperti jalur ke Bogor, sekitar 3 sampai 5 menit," katanya, Senin (19/20/2015).

Selain kedatangan antar-kereta menjadi lebih singkat, perseroan juga akan menambah rangkain KRL. Jika saat ini 8-10 rangkaian, nantinya akan menjadi 12 rangkaian.

Namun yang perlu disoroti adalah kondisi dan kesiapan perlintasan sebidang pada jalur Manggarai-Bekasi. Dengan headway yang semakin singkat, katanya, berpotensi terjadi kemacetan pada jalan di sekitar perlintasan sebidang dan kecelakaan.

"Kalau headway 3 menit, pintu perlintasan ini akan sering naik-turun. Bahkan, berpotensi kecelakaan dan kemacetan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Bastanul Siregar
Terkini