Tahu Berformalin Ditemukan di Pasar Santa

Bisnis.com,20 Okt 2015, 13:59 WIB
Penulis: Newswire
Makanan mengandung formalin dan boraks/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan melakukan sidak kandungan zat kimia pangan, di Pasar Santa, Kebayoran Baru. Petugas masih menemukan kandungan formalin pada tahu dan juga mie.

Kepala seksi Ketahanan Pangan dan Penyuluhun Sudin KPKP Jakarta Selatan, Rigianto mengatakan, mengambil 50 sampel pangan, yang meliputi mie kuning dan tahu putih di empat pasar di Jakarta Selatan. Yaitu Pasar Cipete Utara, Lenteng Agung, Tebet Barat, dan Pasar Santa.

"Jadi tesnya di Pasar Santa. Kami sudah ambil sample untuk tes uji laboratorium bahan pangan tahu dan mie yang mengandung formalin," kata Rigianto, Selasa (20/10).

Sampel yang sudah diambil langsung di tes oleh petugas laboratorium dengan cairan kimia. Dan dalam waktu singkat, dapat diketahui apakah bahan makanan tersebut mengandung formalin atau tidak.

"Ditemukan satu sampel tahu dari Pasar Santa, satu sampel tahu dari Pasar Lenteng Agung, satu sampel tahu dan satu sampel mie dari Pasar Cipete Utara yang mengandung formalin," tuturnya.

Menurut Rigianto, pihaknya lansung memanggil dan memperingatkan pedagang yang kedapatan barangnya mengandung formalin. "Kita peringatkan mereka. Jika kedapatan dagangannya mengandung formalin lagi, akan kita serahkan ke pihak kepolisian," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini