Pemilihan Presiden FIFA: Platini Diskors, 'Tangan Kanannya' Calonkan Diri

Bisnis.com,26 Okt 2015, 23:43 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Sekjen UEFA Gianni Infantino/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sekjen Union of European Football Associations (UEFA) Gianni Infantino ikut mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) untuk menggantikan Sepp Blatter.

Sejalan dengan Infantino, Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Sheikh Salman Bin Ebrahim Al Khalifa dari Bahrain juga telah menyatakan pencalonannya untuk memimpin badan sepak bola dunia tersebut.

Komie Eksekutif UEFA secara mengejutkan telah mengemukakan secara terbuka bahwa mereka mendukung pencalonan Infantino. Pemilihan pemimpin baru FIFA dijadwalkan berlangsung pada 26 Februari tahun depan di markas besar FIFA di Zurich, Swiss.

FIFA tengah diguncang skandal paling buruk sejak institusi tersebut berdiri 111 tahun silam, dimulai dengan penangkapan sedikitnya tujuh pejabat organisasi tersebut di Zurich pada akhir Mei 2015 menjelang Kongres FIFA yang kemudian memilih kembali Blatter sebagai presiden.

Pada awal Oktober ini, Blatter dan Presiden UEFA Michel Platini mendapatkan skor selama 90 hari setelah dilakukan penyelidikan penuh oleh Komite Etik FIFA. Atas perkembangann itu pula Infantino kemudian mengajukan pencalonannya. Infantino dikenal sebagai tangan kanan Platini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini