Operasikan 4G LTE, Revenue Smartfren Sumbagut Melonjak 400%

Bisnis.com,04 Nov 2015, 21:09 WIB
Penulis: Arif Gunawan
Smartfren Telecom/JIBI

Bisnis.com, PEKANBARU – Setelah meluncurkan jaringan 4G LTE Advance di wilayah Sumatra Bagian Utara sejak tiga bulan lalu, raihan revenue PT Smartfren Telecom, Tbk dari layanan jasa paket data terbaru itu melonjak hingga 400% atau empat kali lipat dari sebelumnya.

Hal itu disampaikan Regional Head North Sumatra Smartfren Telecom yang membawahi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau, Jefry Batubara.

“Pendapatan [revenue] yang kami terima melonjak drastis, sampai empat kali lipat untuk layanan paket data sejak kami luncurkan 4G LTE ini tiga bulan lalu atau tepatnya Agustus lalu,” katanya kepada Bisnis, Rabu (4/11/2015).

Tanpa merincikan berapa pelanggan yang menggunakan jasa internet generasi terbaru tersebut, Jefry mengatakan pihaknya optimistis jumlah pelanggan yang menjadi pengguna layanan internet 4G LTE akan terus tumbuh, dan menggantikan generasi sebelumnya 3G dan 3,5G.

Pihaknya menargetkan cakupan layanan 4G LTE Advance Smartfren Telecom di Sumbagut dapat sebenuhnya dirasakan oleh masyarakat setempat pada 2017 mendatang.

Sementara itu untuk saat ini operator telekomunikasi yang unggul dalam layanan 4G LTE sesuai data opensignal.org Smartfren telah mampu menjangkau 78% dari seluruh wilayah Indonesia, di mana rerata wilayah cakupan Indonesia untuk semua operator adalah 43%.

“Ini prestasi yang dicatat oleh organisasi internasional dan masyarakat dapat melihat langsung kualitas layanan yang kami berikan untuk dukungan data internet 4G LTE Advance ini,” katanya.

Sementara itu untuk wilayah Riau, layanan data Smartfren Telecom 4G LTE Advance telah dapat dinikmati di beberapa kota besar dan kota kecamatan utama di daerah tersebut.

“Di Riau sudah cukup bagus, seperti Pekanbaru sudah 90% wilayahnya ter-cover jaringan 4G LTE Smartfren, selain itu kota utama lainnya seperti Duri, Dumai, Ujung Tanjung, Bagan Siapi-api, Bangkinang, dan Pangkalankerinci itu dapat menikmati jaringan kami,” kata Area Sales Manager Pekanbaru Rahmed Junaidi.

Pihaknya menargetkan jaringan layanan 4G LTE Advance dapat dinikmati di sekitar 60% dari luas wilayah Riau, dan untuk mencapai target itu pihaknya terus meningkatkan pelayanan dan kualitas jaringan kepada pelanggan setempat.

Adapun menurut data terakhir, jumlah pelanggan Smartfren existing di wilayah Riau saat ini mencapai 55.000 pelanggan, dengan kontribusi terbesar adalah pelanggan paket data internet, dan rerata pertumbuhan penjualan per tahun mencapai 30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini
'