Level Kredit Macet UMKM di Pegadaian Balikpapan Masih Aman

Bisnis.com,09 Nov 2015, 16:19 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Pegadaian. /Jibi

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Level nonperforming loan kredit untuk sektor UMKM yang disalurkan oleh PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah Balikpapan mencapai 0,69% dengan total kredit macet mencapai Rp101 juta.

Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengatakan tingkat kredit macet pada sektor tersebut masih terbilang aman.

"Tunggakan pada kredit UMKM dengan sistem fidusia mencapai 0,69%. Kredit macet itu hitungannya sudah enam bulan tidak terjadi pembayaran angsuran," tutur Firman, Senin (9/11/2015).

Sementara itu, outstanding loan pada kredit UMKM dengan sistem fidusia (Kreasi) telah mencapai Rp14,6 miliar, atau sekirar 75,7% dari target yang telah ditetapkan.

Produk kredit untuk sektor UMKM lainnya yang juga disalurkan oleh Pegadaian, yakni Krasida, memiliki level kredit macet yang lebih rendah, yaitu sebesar 0,10%.

"Realisasi penyaluran kredit pada produk Krasida [kredit dengan sistem gadai] sudah mencapai 107,5%. Sudah melebihi target dan level kredit macetnya juga masih aman," kata Firman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini