Roadmap E-Commerce Ditarget Rampung Akhir 2015

Bisnis.com,16 Nov 2015, 09:54 WIB
Penulis: Sholahuddin Al Ayyubi
Ecommerce/alleywatch.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berjanji akan menyelesaikan roadmap e-commerce sebelum memasuki awal Januari 2016.

Alasan Kemenkominfo yang sampai saat ini masih belum menyelesaikan roadmap e-commerce tersebut adalah karena masih banyaknya pembahasan mengenai pajak dan payment gateway yang masih digodok bersama sejumlah kementerian.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengakui pihaknya telah mendiskusikan beberapa regulasi terkait e-commerce dengan sejumlah kementerian terkait seperti Kementerian Koordinator Perekonomian, khususnya yang berkaitan dengan pajak dan payment gateway.

Menurutnya, roadmap e-commerce yang akan mengatur keberadaan pemain asing di Indonesia tersebut direncanakan akan selesai sebelum memasuki awal Januari 2016. “Insya Allah akhir tahun ini bisa selesai roadmap e-commercenya,” tutur Rudiantara usai mengikuti acara Hackathon Merdeka 2.0 di Menara Multimedia Telkom Jakarta, Minggu (15/11).

Rudiantara menjelaskan roadmap e-commerce tersebut nantinya akan dikoordinir langsung oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, sedangkan tugas Kemenkominfo adalah menyediakan infrastruktur security yang baik, untuk menerapkan roadmap e-commerce di Indonesia. Rudiantara optimistis roadmap e-commerce tidak akan molor terlalu lama, karena sampai saat ini roadmap e-commmerce diakui sudah rampung lebih dari 90%.

“Menkominfo itu tugasnya hanya bagaimana menyediakan infrastruktur dengan security yang baik. Nanti biar Menko Perekonomian yang mengkoordinir itu [roadmap e-commerce],” tukasnya.

Seperti diketahui, roadmap e-commerce tersebut rencananya akan dirampungkan Kemenkominfo pada Agustus 2015. Namun pada kenyataannya, roadmap tersebut molor dari rencana yang telah diperkirakan oleh Kemenkominfo. Regulasi terkait e-commerce tersebut juga diyakini akan membantu pertumbuhan transaksi e-commerce di Indonesia, karena pada akhir 2020 nanti transaksi e-commerce di Indonesia ditargetkan akan mencapai angka US$130 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini