Bermain Cahaya dengan Pola Kaca

Bisnis.com,21 Nov 2015, 10:27 WIB
Penulis: Azizah Nur Alfi
Maket Wismaya Residence. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Material kaca tidak hanya berfungsi menangkap cahaya alami pada sebuah ruang. Namun, Anda juga dapat menciptakan permainan cahaya dengan mengatur pola kaca. Hal ini yang diterapkan pada aplikasi konsep warisan budaya pada bidang rupa bangunan, yakni Wismaya Residence di Bekasi.

Project Arsitek Thoat Fauzi mengaplikasikan pattern kaca pada plafon area drop off apartemen. Permainan pattern pada plafon akan menciptakan permainan cahaya, yang kemudian ditangkap oleh lantai. Permainan pattern ini akan membentuk pola cahaya yang unik dan cantik.

Selain itu, aplikasi pattern juga terletak pada permukaan tower. Yakni kaca tersusun dari warna silver dan biru membentuk pola zig zag. Pattern kaca ini mengikuti motif batik Parang, sebagai bagian dari aplikais konsep warisan budaya pada bidang rupa bangunan. "Permainan cahaya ini akan menghadirkan kemewahan," katanya.

Selain permainan pattern mengikuti motif batik Parang, juga dikombinasikan konsep modern. Ini terlihat dari warna abu-abu yang merupakan warna minimalis pada pola batik parang yang terletak di fasad bangunan.

"Karakter yang Indonesia banget ini, akan menjadi keunikan dari desain bangunan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini