17 Grup Ramaikan Festival Teater Jakarta

Bisnis.com,26 Nov 2015, 09:35 WIB
Penulis: Azizah Nur Alfi
Festival Teater Jakarta/
Bisnis.com, JAKARTA - Festival Teater Jakarta (FTJ) 2015 di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, berlangsung mulai 30 November - 10 Desember mendatang. Penyelenggaraan FTJ yang ke 43 ini diikuti oleh 17 grup.
 
Seperti dalam rilis yang diterima Bisnis, 17 grup peserta FTJ terdiri dari 15 grup peserta dan wilayah dan 2 grup dari peserta pemenang tahun lalu. Selama penyelenggaraan, ada 2 grup pertunjukan lomba setiap harinya, yakni pukul 14.00 dan 20.00.
 
Pada pembukaan, Teater Satu Lampung akan membawakan pertunjukan Orang-Orang Setia. Sedangkan pada penutupan, Teater Ghanta akan menampilkan pertunjukan Ruang Tunggu Darurat.
 
Tahun ini, Festival Teater Jakarta mengusung tema Menata Laku, Menata Panggung dengan subtema Teater dan Cahaya. Tema ini diusung dengan harapan dalam proses pementasan teater, tata artistik panggung (khususnya pencahayaan) mendapat perhatian yang seimbang sehingga menjadi satu kesatuan utuh dalam menghasilkan sebuah pementasan yang baik, bernas dan inovatif.
 
Selama ini dalam sebuah pementasan teater, tatanan artistik a.l. properti, kostum, penataan cahaya, musik seringkali hanya menjadi tempelan dan sekedar ada. Padahal, jika ingin menghasilkan sebuah tontonan yang menarik maka semua aspek pertunjukan harus mendapatkan perhatian yang sama pentingnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini