Marwan: Desa Bisa Menjadi Motor Ekonomi

Bisnis.com,26 Nov 2015, 18:52 WIB
Penulis: Thomas Mola

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menegaskan tidak ada alasan meragukan desa sabagai motor ekonomi. Untuk aparat desa harus berbenah mempersiapkan diri dengan mengandalkan sektor-sektor unggulan desa.

Marwan Jafar, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengatakan desa-desa di Indonesia berpotensi besar menjadi basis pembanguan nasional. Sebanyak 74.093 desa memiliki karakter dan kondisi porentsi alam yang berbeda-beda yang semuanya bisa digarap sebagai keunggulan.

"Dari agraris untuk lahan pertanian dan perkebunan untuk ketahanan pangan. Apalagi sektor pariwisata, masyarakat desa harus siap menyambut kedatangan wisatawan. Jadi tidak ada alasan pertumbuhan ekonomi desa diragukan lagi," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/11/2015).

Dia menuturkan pemerintah memiliki beberapa program untuk meningkatkan pembangunan desa seperti program peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pembangunan kawasan pedesaan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Juga ada program peningkatan infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya, penelitian dan pembelajaran bersama mengenai pembangunan perdesaan," tambahnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini