PESONA MANDEH: Masyarakat Setempat Butuh Ilmu Kemas Potensi Wisata

Bisnis.com,27 Nov 2015, 12:43 WIB
Penulis: Heri Faisal
Kawasan Wisata Mandeh/Antara

Bisnis.com, PADANG- Masyarakat kawasan wisata Mandeh, di Pesisir Selatan, Sumatra Barat mendesak pemerintah meningkatkan pembinaan sadar wisata pada masyarakat.

Rio Mainaldo, pemuda kawasan Mandeh mengakui kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk melayani wisatawan masih terbilang rendah, sehingga membutuhkan pembinaan pemerintah.

"Kami butuh pembinaan, bagaimana melayani wisatawan, dan mengemas potensi wisata yang ada di daerah kami," katanya, Jumat (27/11/2015).

Dia mengatakan masyarakat yang biasanya bekerja sebagai nelayan tidak terbiasa melayani tamu, dan berperan sebagai tour guide untuk mengenalkan kawasan wisata tersebut.

Menurutnya, persoalan minimnya pemahaman dan kesadaran warga tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah. Apalagi, kawasan Mandeh yang terdiri dari gugusan 13 pulau dengan potensi wisata bahari lengkap bisa berkembang dengan baik.

Sejumlah anak mudah sudah memiliki kesadaran wisata, tetapi gerakannya belum massif, ujarnya.

Kawasan Mandeh adalah objek wisata laut dengan pasir putih, kawasan snorkeling, menyelam, menikmati hutan mangrove, serta panorama pesona alam laut lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini