Hasil Liga Europa: Liverpool, Tottenham, Lazio Lolos ke 32 Besar

Bisnis.com,27 Nov 2015, 05:16 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Ujung tombak Liverpool FC Christian Benteke (kanan) melepas tendangan dari jarak 18 meter untuk menjebol gawang Bordeaux/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Liverpool, Krasnodar, Villarreal, Sporting Braga, Lazio, Saint-Etienne, Basel, Tottenham Hotspur, Schalke 04, Sparta Praha, dan Athletic Bilbao memastikan lolos ke babak 32 besar Liga Europa setelah menyelesaikan pertandingan matchday kelima yang berlangsung hingga Jumat pagi WIB (27/11/2015).

Ke-11 tim tersebut menyusul langkah Molde, Borussia Dortmund, Napoli, dan Rapid Wina yang lebih dulu lolos sejak rampungnya matchday keempat awal bulan ini.

Liverpool lolos sebagai wakil pertama dari Grup B setelah menundukkan tamunya klub Ligue 1 Prancis Girondins de Bordeaux dengan skor 2-1 di Stadion Anfield.

Kedua gol The Reds dihasilkan lewat titik penalti pada menit ke-38 dan Christian Benteke pada injury time babak pertama sekaligus membalikkan skor untuk keunggulan tuan rumah setelah tim tamu lebih dulu membuka skor pada menit 33 lewat Henri Saivet.

Yang layak menjadi catatan, gol kedua yang dihasilkan Benteke merupakan tembakan jarak jauh dari jarak 18 meter yang begitu keras sehingga tak kuasa ditepis oleh kiper Bordeaux Cedric Carrasso.

Sementara itu Tottenham Hotspur memetik kemenangan dengan skor tipis atas tuan rumah Karabakh di Stadion Tofiq Bahramov di Kota Baku, Azerbaijan, berkat gol tunggal Harry Kane 12 menit menjelang laga usai. Spurs menjadi tim pertama yang lolos dari Grup J ke 32 besar.

Dalam pertandingan di Grup G di Stadion Olimpico Roma, Lazio menang 3-1 atas Dnipro Dnipropetrovsk. Lazio membuka skor pada menit ke-4 lewat Antonio Candreva, namun sempat dibalas oleh gol Bruno Gama untuk Dnipro sehingga skor 1-1 pada menit ke-65.

Namun, gol tim tamu itu malahan menghentak kekuatan Lazio yang lantas merespons dengan dua gol yakni melalui kontribusi Marco Parolo hanya 3 menit setelah gol Gama dan Filip Djordevic pada injury time.

Kemenangan Lazio juga membuat klub Ligue 1 Prancis Saint-Etienne ikut lolos ke 32 besar meskipun hanya seri 1-1 kontra Rosenborg. Kekalahan Dnipro membuat klub Ukraina itu hanya menuai angka 4, sehingga kemenangan seberapa besar pun dalam matchday keenam bulan depan tak mungkin lagi bisa mengejar nilai Saint-Etienne yang sudah 8 angka.

Hasil lengkap pertandingan matchday kelima (dalam WIB):

Grup A:

Molde 0 vs Fenerbahce 2

Celtic 1 vs Ajax Amsterdam 2

Grup B:

Rubin Kazan 2 vs FC Sion 0

Liverpool 2 vs Girondins de Bordeaux 1

Grup C:

Krasnodar 1 vs Borussia Dortmund 0

PAOK 0 vs Qabala 0

Grup D:

Legia Warsawa 1 vs Midtjylland 0

Club Bruges 0 vs Napoli 1

Grup E:

Dinamo Minsk 1 vs Viktoria Plzen 0

Villarreal 1 vs Rapid Wina 0

Grup F:

Sporting Braga 2 vs Slovan Liberec 1

Olympique de Marseille 2 vs Groningen 1

Grup G:

Lazio 3 vs Dnipro Dnipropetrovsk 1

Rosenborg 1 vs Saint-Etienne 1

Grup H:

Lokomotiv Moskwa 2 vs Sporting Lisbon 4

Besiktas 2 vs Skenderbeu Korce 0

Grup I:

Basel 2 vs Fiorentina 2

Belenenses 0 vs Lech Poznan 0

Grup J:

AS Monaco 0 vs RSC Anderlecht 2

Karabakh 0 vs Tottenham Hotspur 1

Grup K:

Schalke 1 vs APOEL 0

Sparta Praha 1 vs Asteras Tripolis 0

Grup L:

AZ Alkmaar 1 vs Partizan Beograd 2

Augsburg 2 vs Athletic Bilbao 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini