SURVEI BI: Persepsi Konsumen Membaik

Bisnis.com,02 Des 2015, 19:00 WIB
Penulis: Yanita Petriella
Konsumen memadati pusat perbelanjaan produk ritel/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyebut persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik dari bulan sebelumnya.

Berdasarkan Survei Konsumen yang dipublikasikan Bank Indonesia, hal tersebut terindikasi dari Indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) November 2015 yang tercatat sebesar 92,6, lebih tinggi dari 87,5 pada bulan sebelumnya.

"Kenaikan IKE pada November 2015 didorong oleh seluruh indeks pembentuknya dengan kenaikan tertinggi terjadi pada indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini yang naik 10,0 poin dari bulan sebelumnya," tulis Bank Indonesia seperti yang dikutip Bisnis.com, Rabu (2/12/2015).

Indeks penghasilan saat ini dan indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama juga tercatat naik masing-masing 2,6 dan 2,8 poin.

Penguatan IKE pada November 2015 terjadi di 13 kota dengan peningkatan indeks tertinggi terjadi di Palembang sebesar 19,8 poin dan Pontianak sebesar 16,6 poin.

Berdasarkan tingkat pengeluaran, peningkatan IKE tertinggi terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini