Unicef Luncurkan Program Khusus Menampung Aspirasi Pemuda Indonesia

Bisnis.com,04 Des 2015, 14:30 WIB
Penulis: Wike Dita Herlinda
Unicef resmi meluncurkan U-Report Indonesia/ilustrasi

Bisnis.com,JAKARTA-- Unicef resmi meluncurkan U-Report Indonesia, yang merupakan sebuah platform inovatif baru yang memberi anak muda kesempatan untuk bicara tentang isu-isu yang mempengaruhi hidup mereka.

Diluncurkan Jumat (4/12/2015), U-Report Indonesia adalah sistem jajak pendapat berbasis Twitter yang mengajukan serangkaian pertanyaan kepada anak muda tentang topik-topik penting mulai dari pendidikan hingga kesehatan dan pemerintahan.

Respon yang masuk dianalisa oleh UnicefIndonesia dan informasi dibagi dengan mitra-mitra kunci seperti pemerintah untuk menciptakan perubahan positif.

Platform ini sudah dibangun sejak 2014. Selama periode itu, U-Report Indonesia sudah memiliki lebih dari 40.000 U-Reporters.

U-Report pertama kali diluncurkan di Uganda oleh UnicefGlobal Innovation Lab. Sejak itu platform ini telah diadopsi oleh 17 negara. Indonesia adalah negara pertama yang menerapkan U-Report di media sosial.

"U-Report adalah kanal dan platform baru untuk anak muda Indonesia untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan komunitas mereka," kata UnicefInnovation Lead Jeffery Halldalam siaran pers Unicef Indonesia, Jumat (4/12/2015).

Dia mengatakan platform ini akan memberdayakan anak-anak muda dengan menjadikan suara mereka diangkat dan didengar. Masukan dari para U-Reporters akan digunakan untuk menciptakan perubahan nyata di seluruh Indonesia.

Memfasilitasi keterlibatan anak muda dalam pembangunan negara ini adalah prioritas bagi Unicef.Memberikan anak-anak muda Indonesia akses untuk berkontribusi secara langsung terhadap isu-isu kunci yang mempengaruhi hidup mereka sangat penting bagi keterlibatan positif masyarakat dan warga negara.

Selama proses pengembangannya,UnicefIndonesia melakukan sejumlah survei tentang kekerasan. Ribuan partisipan memberikan jawaban-jawaban yang mencerahkan terhadap topik ini.

Respon tersebut kemudian digunakan sebagai masukan oleh pemerintah dalam menyusun Strategi Nasional atas Kekerasan Terhadap Anak 2015-2019.

Juga pada tahap ini, UnicefIndonesia menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pramuka organisasi pemudaan terbesar di Indonesia. Elemen kunci dari kemitraan ini adalah mempromosikan U-Report Indonesia kepada jutaan anggota Pramuka di penjuru Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini