Penyaluran KUR, BRI Sasar Sektor Ritel Penunjang Industri Batubara

Bisnis.com,31 Jan 2016, 20:33 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Banjarmasin mengutamakan penyaluran KUR retail pada pengusaha yang berafiliasi dengan perusahaan besar di sektor penunjang industri pertambangan batu bara.

Hal ini disebabkan oleh rentannya sektor usaha pertambangan dan usaha penunjang pertambangan yang dapat mengakibatkan tingginya non performing loan. Sehingga, pemilihan debitur pun dilakukan secara selektif.

“Sepanjang pengusaha itu bekerja sama dengan perusahaan yang besar dan mapan, akan kami pertimbangkan. Kan di Kaltimra masih ada perusahaan tambang besar yang kontrak kerjanya jangka panjang,” tutur Wakil Pimpinan Wilayah BRI Kanwil Banjarmasin di Balikpapan Eko Rahayu Hartono, Minggu (31/1/2016).

Sepanjang tahun ini, BRI Kanwil Banjarmasin menargetkan penyaluran KUR Retail di Kaltimra dapat mencapai Rp173 miliar. Menurutnya, sasaran debitur tak berbeda dengan KUR Mikro, hanya saja KUR Ritel dapat merambah sektor usaha jasa konstruksi dan jasa non konstruksi.

Dia mengatakan kendati Kaltim terkena imbas yang cukup berat akibat merosotnya harga komoditas batu bara selaku komoditas industri andalan daerah, BRI tetap dapat menjaga kualitas kreditnya sepanjang 2015 kemarin.

Terbukti dari rendahnya tingkat non performing loan BRI Kanwil Banjarmasin sepanjang 2015 yang hanya  mencapai 1,53%, naik 0,08 bila dibandingkan dengan non performing pada 2014 yang mencapai 1,45%.

“Angka itu untuk Kanwil Banjarmasin yang meliputi Kalsel dan Kalteng. Bila dirinci, NPL Kaltimra lebih rendah lagi,” tutup Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendri Tri Widi Asworo
Terkini