Menteri Amran: Sejumlah Daerah Segera Panen Raya

Bisnis.com,28 Feb 2016, 16:30 WIB
Penulis: Dara Aziliya
Sawah/Antara

Bisnis.com, CILACAP – Kendati telah diterpa El Nino sejak pertengahan tahun lalu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman akhirnya bersiap melangsungkan panen raya di beberapa daerah. Besok (29/2), Amran akan melakukan panen di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dari keterangan yang diperoleh Bisnis dari Kementerian Pertanian, beberapa daerah yang besok akan dilangsungkan panen secara bersamaan yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Agung Hendriadi, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementan dalam keterangannya menyampaikan produksi padi pada awal tahun ini meningkat dari produksi periode sama tahun lalu.

“Beberapa kebijakan pemerintah tersebut di antaranya pengadaan dengan pola Penunjukan Langsung, yang berdampak pada penyaluran benih dan pupuk tepat waktu/musim,” katanya di Cilacap, Minggu (28/2/2016).

Selain itu, Agung menyebut berbagai bantuan alsintan (alat mesin pertanian) yang disalurkan Kementan pun telah berdampak positif pada produksi padi pada awal tahun ini. Panen raya diprediksi berlangsung selama Februai-Mei mendatang.

Adapun, AMran akan melangsungkan panen di Desa Merkek, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap dengan luas lahan petani sebesar 239 hektare.

Dari pantauan Bisnis.com, Tim Upsus Jawa Tengah Kementan dan pemerintah daerah setempat mulai mempersiapkan lokasi acara dan berbagai bantuan alat mesin pertanian yang siap dibagikan pada petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini