Presiden Jokowi Mendadak Kunjungi Hambalang. Mega Proyek P3SON Akan Berlanjut?

Bisnis.com,18 Mar 2016, 11:50 WIB
Penulis: Irene Agustine
Proyek Hambalang yang mangkrak dan sempat menjadi masalah hukum./Antara

Bisnis.com, BOGOR -- Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan mendadak lokasi ke mega proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor.

Presiden melakukan pengecekan kondisi bangunan dan tanah di kompleks proyek yang terhenti dan sempat menjadi masalah hukum dan diproses oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut.

Kepala Negara mengatakan penentuan keputusan kelanjutan pembangunan akan ditentukan pada rapat kabinet terbatas dalam waktu dekat.

"PU akan mengecek kembali struktur tanah, bangunan. Seminggu-dua minggu setelah pengecekan akan dilakukan ratas," katanya, di kompleks proyek, Jumat (18/3/2016).

Dia mengatakan opsi melanjutkan pembangunan atau penghentian proyek akan dikaji secara mendalam.

Namun, dia memastikan keputusan nantinya akan didasarkan untuk penyelamatan aset negara dengan mempertimbangkan besarnya anggaran yang selama ini sudah dikeluarkan.

"Sudan menghabiskan anggaran triliun. Kalau dibiarkan, berarti akan kehilangan dana dan aset itu," ujarnya.

Berdasarkan pantauan bisnis, terdapat 5 bangunan utama di kompleks proyek yang mangkrak dengan kondisi pembangunan sekitar 40-50% dari finalisasi.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta pemerintah daerah kota Bogor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini