Klinik Olahraga Tidak Hanya Untuk Atlet

Bisnis.com,19 Mar 2016, 06:53 WIB
Penulis: Azizah Nur Alfi
Olahraga lari/nytimes.com

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat seringkali mengasosiasikan klinik olahraga hanya untuk atlet. Pandangan tersebut jelas keliru.

CEO Indonesia Sports Medicine Centre (ISMC) dan Sport Medicine Specialist, dr Andi Kurniawan SpKO menjelaskan klinik olahraga hadir untuk menangani masalah kesehatan akibat olahraga, seperti cedera.

Selain itu, dia juga pernah menangani masalah kesehatan akibat kurang olahraga. Dokter yang ikut menangani tim basket Satria Muda dan Indonesia Warriors ini, menjelaskan cedera menjadi resiko yang sering ditangani di klinik olahraga tempatnya bekerja.

Kasus yang sering terjadi, cedera diakibatkan karena kurang pemanasan dan terlalu berlebih melakukan olahraga. Penanganan dilakukan agar seseorang dapat kembali lagi beraktifitas dan tidak mudah cedera lagi. Hal ini perlu dilakukan dengan beberapa kali terapi.

“Karena sibuk, mumpung ada waktu langsung olahraga tanpa pemanasan. Akibatnya cedera. Biasanya juga karena ikut komunitas, langsung dengan intensitas tinggi dan durasi lama,” katanya.

 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini