CSKA Sofia Luncurkan Patung Hristo Stoichkov

Bisnis.com,29 Mar 2016, 20:32 WIB
Penulis: Newswire
Hristo Stoichkov/Novinite.com

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Bulgaria CSKA Sofia akan meluncurkan patung mantan pesepak bola terbaik Eropa Hristo Stoichkov di stadion mereka, di mana ribuan penggemar mengantre untuk masuk ke stadion sepanjang masa jaya bertabur trofinya di klub Bulgaria itu pada 1980-an.

Stoichkov, yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik Bulgaria sepanjang masa dan kini menjadi komentator sepak bola, memenangi tiga gelar liga dan empat piala nasional dengan CSKA sebelum bergabung dengan Barcelona pada 1990.

"Itu akan menjadi patung perunggu setinggi dua meter. Tuan Stoichkov menginginkan patung itu dibuat lebih kecil saja , namun menurut saya itu tidak layak," kata pematung Kostadin Nenov dalam konferensi pers yang berlangsung di Sofia, ibu kota Bulgaria, pada Selasa (29/3/2016).

Stoichkov, yang kini berusia 50 tahun, memimpin Bulgaria ke semifinal Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, dan itu merupakan pencapaian terhebat yang pernah diukir dalam sejarah sepak bola negara Balkan tersebut.

CSKA, salah satu dari dua klub paling populer di Bulgaria bersama rival sekotanya Levski Sofia, belum memenangi gelar domestik lagi sejak 2008.

Si Merah, yang terbelit utang, diturunkan ke strata ketiga Bulgaria pada Juni, namun mereka masih menarik banyak penonton di negara di tepi Laut Hitam itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini