FINAL PIALA BHAYANGKARA (3/4): 40 Ribu Bobotoh Serbu GBK

Bisnis.com,01 Apr 2016, 18:35 WIB
Penulis: JIBI
Bobotoh Persib Bandung/Antara-Fahrul Jayadiputra

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya 40 ribu pendukung tim Persib Bandung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bobotoh dipastikan akan menyerbu Stadion Utama Gelora Bung Karno pada laga final Piala Bhayangkara 2016 antara Arema Cronus melawan Persib Bandung, Minggu (3/4/2016).

Puluhan ribu bobotoh yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat akan berangkat serentak menuju Stadion GBK pada Minggu (3/4/2016) pagi di enam titik kumpul yang telah ditentukan.

Kepala Biro Operasional Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar
Muharrom Riyadi mengatakan, enam titik kumpul keberangkatan bobotoh tersebut dibuat berasarkan wilayah basis pendukung Persib di seluruh Jawa Barat.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan agar keberangkatan bobotoh menuju Jakarta dapat terkoordinasi dengan baik.

"Kita harapkan dari masing-masing koordinator bobotoh bisa mengkoordinasi di titik kumpul yang sudah ditentukan," ujar Muharom.

Titik Kumpul

Adapun enam titik kumpul tersebut tersebar di wilayah Jawa Barat meliputi: Karawang, Purwakarta, Bandung Raya, Cirebon, Banjar dan Cianjur.

"Paling banyak yang berangkat dari wilayah Bandung Raya mencapai hampir 14 ribu orang," ujarnya.

Dikatakan, diprediksi bakal ada 600 bus yang mengangkut para bobotoh menuju Jakarta. Untuk itu, para bobotoh dihimbay agar tidak berangkat menuju GBK menggunakan mobil pribadi.

"Apalagi yang tidak punya tiket diusahakan tidak datang," katanya.

Panitia pelaksana pertandingan telah menjatahkan 40 ribu tiket bagi Bobotoh. Sedangkan untuk pendukung Arema, panitia telah menyiapkan 35 ribu tiket. Tiket telah didistribusikan melalui klub dan disebar kembali ke setiap koordinator wilayah bobotoh di setiap daerah.

Muharom mengatakan, dalam perjalanan menuju Jakarta, bobotoh akan dikawal oleh pihak kepolisian. Sekitar 6 ribu personel Polda Jabar telah disiapkan untuk mengamankan perjalanan Bobotoh menuju Stadion GBK.

Selain itu, sejumlah personel kepolisian akan ditempatkan di titik-titik rawan terjadinya tawuran, seperti di jalan tol Cawang, Bekasi, Cimarang dan Cililitan.

"Saat perjalanan diharapkan melepas dulu atribut Persib, setelah di stadiob silakan gunakan lagi," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini