Gunung Bromo Semburkan Abu, Dua Penerbangan Dialihkan ke Malang

Bisnis.com,11 Apr 2016, 05:51 WIB
Penulis: Newswire
Debu vulkanik menyembur dari kawah gunung Bromo di desa Cemorolawaang, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (10 Januari 2016). / Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, SIDOARJO -  Sebanyak dua penerbangan jurusan Jakarta-Malang dialihkan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya menyusul adanya semburan abu Gunung Bromo sehingga berdampak pada aktivitas Bandara Abdul Rahman Saleh Malang.

Legal and Communications Head Bandara Internasional Juanda Surabaya, Liza Anindya di Sidoarjo, Minggu (10/4/2016), mengatakan dua penerbangan itu adalah Batik Air dan Sriwijaya Air.

"Dua penerbangan dengan tujuan Jakarta menuju ke Malang tersebut pendaratannya terpaksa dialihkan ke Juanda Surabaya akibat adanya penutupan bandara Abdul Rahman Saleh Malang," katanya.

Ia mengemukakan untuk selanjutnya penumpang yang sudah terlanjur turun di Bandara Internasional Juanda Surabaya tersebut akan diangkut menggunakan jalur darat menuju ke Malang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan untuk mengangkut para penumpang yang tujuan Malang yang turun di Surabaya ini dengan menggunakan jalur darat," katanya.

Ia mengatakan adanya pengalihan penerbangan ini menurutnya masih belum mengganggu jadwal penerbangan yang ada di Bandara Internasional Juanda Surabaya ini.

"Sejauh ini, masih belum mengganggu jadwal penerbangan yang ada di Bandara Internasional Juanda karena penerbangan di Malang sendiri tidak begitu banyak," katanya.

Ia mengatakan sampai dengan saat ini pihaknya masih belum mengetahui secara pasti sampai kapan waktu pelaksanaan penutupan bandara akibat abu Gunung Bromo tersebut.

"Untuk pemberitahan penutupan bandara Abdul Rahman Saleh Malang kami mendapatkan informasi sampai besok. Namun demikian kami masih belum menerima pemberitahuan secara resminya," katanya.

Ia juga mendapatkan informasi kalau ada sejumlah penumpang asal Malang yang pindah ke Surabaya untuk melanjutkan tujuan masing-masing.

"Kami masih belum mendapatkan laporan secara pasti, berapa penumpang yang memilih berangkat dari Surabaya untuk menuju tempat tujuannya masing-masing," katanya.

Bandara Abdul Rahman Saleh Malang ditutup menyusul adanya semburan abu dari Gunung Bromo. Penutupan bandara akibat semburan abu Gunung Bromo ini juga sempat terjadi pada Januari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini