PREDIKSI WEST HAM VS MU: Ini Sejarah dan Data Fakta Stadion Boleyn Ground di BPL

Bisnis.com,10 Mei 2016, 20:01 WIB
Penulis: Newswire
Stadion Boleyn Ground/Premier League

Bisnis.com, JAKARTA - West Ham United mempersiapkan diri untuk mengucapkan selamat tinggal pada stadion kebanggaan mereka Boleyn Ground, dengan melawan Manchester United pada hari Rabu (11/5/2016) dinihari nanti, mari kita cermati beberapa fakta dan statistik kunci di markas The Hammers selama era Barclays Premier League.

Pemain pertama yang mencetak gol BPL di Boleyn Ground adalah John Fashanu, yang menyumbangkan gol pembuka saat Wimbledon menang 2-0 pada tanggal 14 Agustus 1993.

Sementara itu gol kandang pertama West Ham di kompetisi yang baru, datang dari kaki Clive Allen, yang berhasil menyarangakan dua gol saat tim asuhan Bonds Billy menaklukkan Sheffield Wednesday 2-0 sembilan hari kemudian.

Pencetak gol BPL terbanyak di Boleyn Ground

Untuk West Ham

Gol

Paolo Di Canio

31

Trevor Sinclair

27

Carlton Cole

25

Mark Noble

20

Frederic Kanoute

19

 

Untuk oposisi

 

Wayne Rooney

7

Steven Gerrard

6

Dwight Yorke

6

Dampak Paolo Di Canio begitu besar di Boleyn Ground, sampai-sampai West Ham menamakan suite berdasarkan sang penyerang Italia tersebut, yang hingga kini merupakan pencetak gol BPL terbanyak di stadion ini.

Sebanyak 31 gol telah disarangkan sang striker, terpaut empat gol di atas Trevor Sinclair, yang mengarsiteki voli menakjubkan Di Canio ke gawang Wimbledon, dan terpilih sebagai gol terbaik di musim 1999/00. Gol indah itu bahkan disebut-sebut sebagai gol BPL terbaik di stadion tersebut.

Di Canio juga salah satu pemain yang berlaga dalam pertandingan BPL dengan catatan gol terbanyak di Boleyn. Ketika itu dirinya meminta sang manajer Harry Redknapp untuk menggantikannya, setelah tiga kali protes penalti tidak digubris oleh wasit. Bomber asal Italia itu kemudian sukses mengkonversi dari titik putih sekaligus mengarsiteki gol Frank Lampard, serta membantu timnya yang tertinggal 3-1, menjadi unggul 5-4 atas Bradford City di bulan Februari 2000 (saksikan di sini).

Sementara itu, musim BPL terbaik West Ham di Boleyn adalah pada 1997/98, ketika sebanyak 13 kemenangan membuat mereka mencatatkan raihan poin kandang tertinggi (43).

Oposisi BPL terbaik dan terburuk di Boleyn Ground

Tim

Kekalahan

Southampton

10

Blackburn Rovers

10

Sunderland

9

Tottenham Hotspur

9

MIddlesbrough

9

 

Tim

Kemenangan

Arsenal

11

Chelsea

10

Everton

10

Liverpool

9

Bulan Januari 1998, The Irons menghasilkan kemenangan kandang terbesar dengan mengalahkan Barnsley dengan skor telak 6-0 di musim tersebut. Lima belas bulan kemudian, mereka mengalami hal sebaliknya melawan Leeds United, kala itu mereka ditaklukkan 5-1 yang sekaligus menjadi kekalahan terbesar mereka di stadion ini.

Selain itu, kemenangan 2-1 West Ham pada tanggal 28 Desember tahun lalu, menambah rekor jumlah kemenangan atas Southampton menjadi 10. Catatan kemenangan terbanyak terhadap sebuah tim di BPL.

Apapun hasilnya di hari Rabu nanti, musim 2015/16 akan tetap dikenang sebagai musim yang sukses sebelum hijrah ke markas yang baru.

Dengan 15 laga tidak terkalahkan di kandang sendiri, menjadi rekor terlama skuat arahan Slaven Bilic, namun terhenti saat menghadapi Swansea City pada akhir pekan lalu.

Rangkuman skor West Ham di kandang sendiri di ajang BPL

B

M

I

K

GM

GK

Poin

383

167

97

119

557

468

598

Namun selagi berusaha memecahkan rekor BPL, dengan  600 poin di kandang sendiri, mereka kemungkinan besar menghadapi pemain yang selama ini justru menikmati kunjungannya ke Boleyn. Dialah Wayne Rooney yang tujuh kali menggetarkan jala gawang mereka di BPL, lebih dari pemain manapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini