BRI dan AirAsia Jalin Kerja Sama, Ini yang Disasar

Bisnis.com,27 Mei 2016, 19:34 WIB
Penulis: Abdul Rahman
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. menjalin kerja sama terkait sistem pembayaran dengan maskapai udara asal Malaysia, AirAsia.

Direktur Consumer BRI Sis Apik Wijayanto mengatakan BRI akan memberikan layanan jasa perbankan kepada AirAsia dalam bentuk pembelian tiket melalui jaringan e-channel BRI, pemanfaatan Electronic Data Capture (EDC) BRI untuk pembayaran di loket maupun di dalam pesawat.

Ditambah lagi dengan layanan trade finance, pemberian fasilitas pinjaman komersial dan pinjaman BRIguna untuk pekerja serta jasa bank lainnya.

Selain itu kerja sama ini juga mengincar transaksi di berbagai daerah di Indonesia, khususnya adalah TKI yang sering bepergian ke berbagai negara seperti Malaysia dan Hong Kong.

"Kan banyak TKI yang jadi nasabah BRI bisa memanfaatkan hasil kerjasama ini di Hong Kong dan Malaysia," ujar Sis usai menandatangani kerjasama layanan perbankan dengan Air Asia di Jakarta, Kamis (27/5/2016).

Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko mengatakan kerjasama ini meningkatkan kemudahan akses transaksi bagi nasabah BRI yang menggunakan AirAsia. Apalagi BRI dikenal sebagai bank yang punya segmen luas dan merata di Indonesia.

"Melalui kerja sama ini kami berharap dapat memperkenalkan AirAsia secara lebih luas kepada berbagai segmen masyarakat Indonesia," katanya.

Dalam kerjasama ini, BRI dan AirAsia akan sama-sama menyasar nasabah dan penumpang dari masyarakat di daerah yang belum banyak dijangkau industri perbankan maupun penerbangan.

"Penumpang AirAsia ini kan kebanyakan dari pelosok. Misalnya TKI, dan nasabah BRI kan sebagian besar juga dari daerah-daerah," kata Sunu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini