Uji Coba Euro: Kemenangan Irlandia di Depan Mata vs Belanda Sirna

Bisnis.com,28 Mei 2016, 10:01 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Shane Long (kiri) setelah mencetak gol untuk Republik Irlandia ke gawang Belanda. Skor akhir 1-1./www.rte.ie

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Republik Irlandia dipaksa mampu bermain seri 1-1 melawan tamunya Belanda dalam pertandingan uji coba menjelang putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 di Stadion Aviva di Kota Dublin Sabtu WIB (28/5/2016).

Shane Long yang bermain untuk klub Inggris, Southampton, mencetak gol pembuka keunggulan 1-0 untuk Republik Irlandia pada menit 30.

Gol itu tercipta melalui umpan sepak pojok yang dilepaskan Brady kepada O'Shea yang menyundulnya ke gawang namun ditepis kiper Belanda. Bola tersebut sempat terlepas kemudian ditendang Long menjadi gol.

Kemenangan Republik Irlandia yang sudah di depan mata sirna setelah Luuk de Jong mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1 pada menit 85. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai, demikian dilaporkan Antara dengan mengutip Sky Sports.

Menurut data Soccerway, kegagalan Republik Irlandia memetik tiga angka ini menjadikannya sebagai satu-satunya tim kontestan putaran final Euro 2016 yang gagal menang di antara serangkaian laga uji coba yang digelar sejak Sabtu dini hari hingga Sabtu pagi WIB ini.

Berdasarkan www.uefa.com, website resmi Union of European Football Associations (UEFA), Republik Irlandia berada di Grup E dalam Euro 2016 bersama Belgia, Italia, dan Swedia. Adapun Belanda tidak ikut Piala Eropa karena tersingkir karena hanya menduduki peringkat keempat babak kualifikasi.

Putaran final Euro 2016 digelar di Prancis pada 10 Juni - 10 Juli. Republik Irlandia akan memulai perjuangannya di ajang tersebut dengan meladeni Swedia pada 13 Juni waktu setempat di Stade de France di Saint-Denis, lantas melawan tim unggulan Belgia pada 18 Juni di Stadion Bordeaux, dan terakhir di fase grup pada 22 Juni melawan salah satu tim favorit Italia di Stadion Pierre-Mauroy di Lille.

Ini merupakan keterlibatan timnas berjuluk The Green Army tersebut untuk ketiga kalinya dalam putaran final Euro setelah dalam dua perhelatan sebelumnya selalu kandas di fase grup pada edisi 1988 dan 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini